Tags

, , , , , , , , ,

Catatan agustus 2014.
Yang paling menarik dan menyenangkan adalah di tanggal 18, 19 dan 20 agustus kemarin. Saya dapat kesempatan untuk berkenalan dengan beberapa teman-teman dari SWARA, bukan suara wakil rakyat, tapi Sanggar Waria Remaja. Tidak hanya berkenalan saja, tapi tujuan utama saya ada bersama mereka adalah untuk membantu mereka lebih memahami ilmu komputer dasar. Kegiatan ini difasilitasi oleh Yayasan Indonesia Untuk Kemanusiaan (YSIK), yang berkantor di daerah Cikini, Jakarta.
Sekitar awal agustus 2014 saya dapat email balasan dari YSIK atas respon saya yang mengajukan diri sebagai sukarelawan untuk membantu mengajar. Karena beberapa hal mereka lambat memberi kabar ke relawan, sampe hampir lupa saya kalo pernah ngedaftar jadi relawan.
Jadi di tiga hari itu saya berkesempatan mengajar 6 dari total 12 peserta. Saya ambil kelas mengajar di pagi hari, jam 9-13, bertempat di kantor YSIK, di Cikini, Jkt. Kelas siangnya dengan 6 peserta lainnya diajar oleh relawan lain, dari komunitas Good Life Society. Saya sendiri dari komunitas mana? hahaa entahlah… Mereka pun kaget dengan kedatangan saya yang dari antah berantah tiba-tiba bisa sampai di sana, mereka bilang jarang ada relawan individual. :/
Teman-teman yang saya ajar disini adalah bagian dari komunitas/lembaga SWARA, usia 22-34 tahun dengan latar belakang pendidikan SMP-SMA. Ilmu komputer mereka masih sangat minim, karena itu diadakan pelatihan komputer ini dengan tujuan untuk mereka bisa menunjang pekerjaan-pekerjaan di yayasan/lembaga menjadi lebih efektif. Salut saya untuk yayasan/lembaga yang mau mempekerjakan orang tanpa diskriminasi sedikitpun. Oh ya, mereka ini juga punya Salon di daerah Pisangan, Jakarta timur, tempatnya menyatu dengan tempat lembaga SWARA itu sendiri.
Awalnya grogi banget disuruh ngajar mereka, karena saya bukan pengajar dan belum berpengalaman mengajar. Tapi sebentar saja grogi saya hilang, suasana segera berubah jadi santai. Mungkin karena umur kami yang hampir seumuran, jadi masing-masing dari kami bisa mengkondisikan suasana kelas menjadi lebih akrab. Lebih seperti sharing antar teman saja. Semuanya bisa saling menghargai satu sama lain.
Di hari kedua, apalagi ketiga, suasana semakin santai, banyolan khas waria semakin banyak dilontarkan. “Dasar banci!” sering saya dengar diantara percakapan mereka. Hahaaa…ada-ada aja. Mungkin akan lain makna umpatan “dasar banci!” jika yang mengatakannya adalah orang di luar komunitas mereka :D. Yang lucu lagi, waktu saya minta mereka menyalin artikel dari koran, salah satu dari mereka pengennya menyalin sekaligus menterjemahkan bahasa di koran dengan bahasa banci.. xD Aahhh…gak ngerti dah saya bagian yang ini… ^^ Dan di hari kedua, sebelum kelas dimulai, seorang staff YSIK, namanya Sohibi, nyamperin saya untuk minta dikirimin materi kelas. Saya tanya, untuk apa? Katanya untuk dia belajar. Dia bilang belum lancar komputernya. Saya bilang “yaahhh…kenapa gak bilang dari kemaren, tau gitu kan bisa sekalian ikut kelas dari kemaren.” Terus ya saya suruh aja dia ikut kelas hari itu dan besoknya. Jadi deh..dia laki-laki yang paling utuh di kelas..hahaa..
Sekedar untuk mengetes ingatan saya, sekarang saya mau coba inget-inget nama temen SWARA. Koordiantor mereka ada Anggun dan Kamel, sementara pesertanya ada Citra, Echa, Vina,….mmm astagaaaa T.T beneran lupa kan nama yang lainnya…emang ingetan saya gak pernah bagus nih. Maafkan…
Di hari terakhir saya diajak salah satu staff YSIK untuk berkeliling kantor YSIK dan berkenalan dengan staff lainnya. Kesan saya, kantornya bersih, rapi, suasananya tenang dan semuanya ramah.
Kesimpulannya, saya senang bisa punya pengalaman berbagi bersama teman-teman SWARA dan juga berkenalan dengan teman-teman dari YSIK. Dan siap untuk membantu mereka di kesempatan lainnya.

Saya tahu masih banyak di sekitar saya yang maha sempurna sehingga mereka merasa boleh mencemo’oh kaum yang berbeda, terutama dalam hal ini, waria.

Tentang ini saya ingin mengutip quotes:

“Don’t judge others just because they sin differently than you do!”
………Just do the best you can do to help others life better.

 

Ya kira-kira begini suasana belajar komputernya

Ya kira-kira begini suasana belajar komputernya

Serius tapi santai belajarnya..

Serius tapi santai belajarnya..

